Tugas 11 APRIL 2012


Mata Kuliah      : Bahasa Indonesia                               
Dosen               :Hj. Isna Sulastri,Dra. M. Pd.
Nama               : Redo Yudha Pramana
NIM                 : 41032151111044
Tanggal            :11 APRIL 2012


BAGIAN A

Petunjuk
1. Kerjakanlah soal di bawah ini dengan cara menghitamkan huruf B jika pernyataan yang terdapat dalam soal,Anda anggap benar dan hitamkan S jika salah. Contoh jika jawaban betul: ( B-S ).
2. Jawaban ditulis langsung pada lembar soal ini. Untuk ini silakan dikopi paste terlebih dahulu.
3. Pengetikan soal ini belum tertata rapi maka rapikanlah dalam blog Anda.

SOAL
1.  Tujuan utama perkuliahan BahasaIndonesia adalah untuk menumbuh kembangkan
 keterampilan berbahasa mahasiswa, baik lisan atau pun tulisan ( B-S ).
2.  Salah satu upaya menumbuh kembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa adalah
dengan menumbuhkan kesadaran berbahasa Indonesianya terlebih dahulu ( B-S ).
3.  Kesadaran berbahasa seseorang tidak dapat dilihat  dari tanggungjawab dan sikapnya terhadap bahasa Indonesia ( B-S ).
4. Mahasiswa Program Studi Matematika tidak perlu memiliki kesadaran berbahasa Indonesia sebab mereka tidak akan menjadi guru bahasa Indonesia (B-S).
5.  Membiasakan diri berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia terutama di dalam forum-forum resmi, merupakan wujud tanggungjawab seseorang terhadap bahasanya ( B – S  ).
6. Menurut Mansoer Pateda, tanggungjawab terhadap bahasa dan berbahasa dapat diwujudkan hanya dalam bentuk partisipasi formal ( B – S  ).
7.  Pengguna bahasa yang berpartisipasi secara formal, biasanya dengan kesadaran sendiri berusaha untuk menjadi peserta aktif dalam setiap kegiatan kebahasaan (B-S).
8. Mahasiswa Program Studi Matematika idealnya berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan bahasa,  minimal dalam bentuk partisipasi formal (B-S).
9. Salah satu contoh partisipasi formal yang dapat dan patut dilakukan mahasiswa  Program Studi Matematika adalah berupaya untuk selalu berhati-hati dalam berbahasa sehingga bahasa yang digunakannya senantiasa tertib dan terpelihara ( B – S ).
10. Mampu menghafal kaidah bahasa Indonesia dengan baik tanpa berlatih mengimplementasikannya belum menjamin seseorang akan menjadi pengguna bahasa yang baik (B-S).
11. Mahasiswa Program Studi Matematika yang sudah berusaha untuk berbahasa sesuai kaidah  bahasa Indonesia dalam forum-forum resmi, merupakan pertanda bahwa dia sudah memiliki kesadaran berbahasa (B-S).
12. Kalimat efektif biasanya tidak komunikatif (B-S).
13. Kalimat yang ambigu termasuksalah satu contoh kalimat efektif ( B-S )
14. Kalimat ambigu adalah kalimat yang tidak memiliki struktur yang lengkap ( B-S ).
15. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dapat dilihat antara lain dari keefektifan kalimat  serta ketepatan diksi dan ejaannya (B-S).


BAGIAN B

Petunjuk
Jawablah soal berikut dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan bernalar
karena bahasa jawaban Anda termasuk bagian yang dinilai.

SOAL
Ada pernyataan yang berbunyi, “Maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh
kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri”.
1.  Setujukan Anda dengan pandangan tersebut? Apa alasannya?  Tulislah argumentasi Anda terkait  ini dalam satu paragraf.
            “saya sepakat dengan pernyataan di atas, karena dengan berbahasa yang baik dan benar akan mempermudah untuk berkomunikasi,baik secara lisan maupun tulisan,jika kita sendiri tidak memiliki kesadaran,maka tentu diri kita tidak memiliki tanggung jawab akan kaidah berbahasa”

2. Tulislah minimal lima ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Uraikan masing-masingnya dengan singkat.
        a.         Sikap terhadap bahasa dan berbahasa, artinya bahwa sikap atau pun tindakan yang telah kita lakukan harus sesuai dengan kaidah bahasa yang benar.
        b.         Tanggung jawab bahasa dan berbahasa, artinya bahwa kita memiliki rasa kepedulian terhadap budaya bahasa.
        c.         Rasa ikut memiliki bahasa, artinya bahwa kita harus senantiasa menggunakan bahasa yang kita miliki,karena kita memiliki ragam suku bangsa dan bahasa serta budaya.
        d.        Berkemauan membina dan mengembangkan bahasa, artinya bahwa kita harus selalu mengamalkan bahasa tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari.
 e. Bersikap patriotisme dalam bahasa,artinya bahwa kita harus bersemangat dalam menggunakan bahasa Indonesia ,karena bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan.
3.SudahkahAnda memiliki kelima ciri tersebut? Jelaskanlah dengan argumentasi yang bernalar.
            Menurut saya,” saya belum memenuhi untuk memiliki kelima cirri tersebut,karena saya masih banyak kekurangan dalam berbahasa Indonesia,terutama  mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.”
4.  Upaya apakah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Anda?
            Yang harus saya upayakan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa yaitu dengan cara menumbuhkan kesadaran kita sendiri dalam menggunakan bahasa,kemudian membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari,dan selalu bertanggungjawab dengan bahasa yang kita miliki serta rasa kepedulian terhadap bahasa.

0 komentar:

Posting Komentar