MANFAAT MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK


MANFAAT MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK
KARYA ILMIAH
DISUSUN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Oleh
REDO YUDHA PRAMANA
NIM : 40132151111044





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
BANDUNG
TAHUN 2012

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia Nya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “ Manfaat Membaca Bagi Peserta Didik ”. Karya ilmiah ini disusun dengan maksud untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.
Dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis banyak memperoleh bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka dari itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Ibu Isna Sulastri
2.      Seluruh teman yang telah banyak membantu
Penulis menyadari dalam penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya karya ilmiah ini. Penulis berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya. Anda hanya bisa membuka jendela dunia dengan membukanya, yakni lewat aktivitas membaca. Membaca akan menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman melebihi usia Anda.

Pada saat ini anak Indonesia sangat kurang dalam minat membaca,kebanyakan aktivitasnya digunakan untuk bermain dan menonton,kita akui perkembangan tekhnologi juga menjadi salah satu faktor kurangnya minat membaca pada anak. Untuk membiasakan budaya membaca pada anak adalah dengan cara membaca sambil bermain,maka dengan begitu anak anak akan tertarik untuk membaca dan dapat terbiasa dengan budaya membaca.
Manfaat membaca sangat banyak sekali,selain untuk menambah wawasan, membaca juga dapat menambah pengalaman, menambah kosa kata atau struktur kalimat, serta dapat menambah informasi tentang bahan karya ilmiah
1.2  Rumusa Masalah
1.      Apa pengertian dari membaca ?
2.      Apa manfaat dari membaca ?
3.      Bagaimana cara membudayakan minat membaca pada peserta didik ?
1.3  Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari membaca.
2.      Untuk mengetahui manfaat dari membaca.
3.      Agar membaca jadi budaya bagi peserta didik.
4.      Untuk salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.
1.4  Manfaat Membaca
Manfaat membaca bagi peserta didik adalah untuk menambah wawasan, membuka jendela dunia bagi pembaca, dan menambah pengalaman, serta menambah kosa kata dan struktur kalimat bagi peserta didik.


BAB II
ISI
2.1  Pengertian Membaca
Membaca adalah sebuah keharusan bila kita ingin menguasai dunia. Dengan membaca, pandangan kita menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Bila sebelumnya membaca identik dengan buku, maka di jaman yang serba digital ini membaca tidak hanya terpaku pada membaca buku karena segala informasi terkini telah tersedia di dunia maya.
sedangkan pengertian lain dari beberapa para ahli diantaranya adalah :
MIKKEL BIRKEGAARD
Membaca adalah sebuah proses rumit, mulai dari kata di halaman di hadapanmu sampai suara yang meninggalkan bibirmu. Membaca adalah kombinasi dari mengenali simbol dan pola, menghubungkannya dengan suara dan mengumpulkannya menjadi suku kata sampai akhirnya kita mampu menginterpretasikan arti sebuah kata
 DAUD FIRMANSYAH
Membaca merupakan tahap penting dalam proses perkembangan anak karena membaca merupakan gerbang pertama untuk menuju proses pembejaran yang lebih kompleks


ROOIJAKERS
Membaca merupakan suatu cara atau suatu sarana untuk memelihara tingkat pengetahuan sendiri serta untuk menambah pengetahuan baru
Sedangkan menurut saya sendiri,membaca itu adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan kemampuan pikiran menyimpan data-data dari suatu media yang menjadi sumber informasi untuk menambah wawasan pengetahuan
2.2 Manfaat Membaca
Banyak manfaat yang diperoleh dari membaca. Dengan membaca siswa dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Jadi jelas pengaruh bacaan sangat besar terhadap peningkatan cara berfikir seorang siswa. Menurut Gray & Rogers (1995) dalam Supriyono menyebutkan beberapa manfaat membaca, antara lain:
  1. Meningkatkan pengembangan diri siswa
Dengan membaca siswa dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, sehingga daya nalarnya berkembang dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.
  1. Memenuhi tuntutan intelektual
Dengan membaca buku maupun sumber-sumber bacaan lain seperti surat kabar maupun berita dan artikel-artikel di internet, pengetahuan bertambah dan perbendaharaan kata-kata meningkat, melatih imajinasi dan daya pikir sehingga terpenuhi kepuasan intelektual.
1.      Memenuhi kepentingan hidup, dengan membaca siswa akan memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari.
2.      Meningkatkan minat siswa terhadap suatu bidang
3.      Mengetahui hal-hal yang aktual, dengan membaca siswa dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar maupun di seluruh dunia yang mungkin berhubungan materi pelajaran, sehingga siswa dapat menerapkan dengan kehidupan nyata (Supriyono, 1998).
Manfaat Membaca Bagi Keterampilan Menulis
Begitu besar manfaat membaca untuk mengasah keterampilan menulis seseorang. Berikut saya mencoba menyajikannya buat Anda:
  • Membaca memperluas wawasan
  • Membaca membantu melihat sudut pandang yang berbeda
  • Membaca membantu Anda belajar teknik menulis yang dipakai oleh orang yang lebih berpengalaman
  • Membaca membuat ide Anda melimpah
  • Membaca menjadikan otak dan pikiran Anda aktif
  • Membaca merangsang terbentuknya informasi baru di sistem daya ingat yang siap dipanggil kapan saja
  • Membaca membuat jalan pikiran Anda menjadi lebih lentur
  • Membaca memperkaya kosa kata, pilihan kalimat, dan cara penyajian yang bisa Anda pakai dalam menulis
  • Membaca membuat Anda mampu menganalisa, menghubungkan informasi yang terserak, dan melihat benang merah dari sebuah persoalan
  • Membaca membuat Anda punya bahan yang banyak untuk menuliskannya kembali
  • Dan masih banyak manfaat lain jika kita berusaha meneruskan daftar tersebut.

Jadi kesimpulan manfaat mambaca adalah menambah wawasan atau pengetahuan dengan luas bagi siswa,sehingga seorang siswa dapat menciptakan ide-ide yg kreatif dengan pengetahuan yang dia dapatkan dari budaya membaca,maka dengan itu siswa akan berpikir lebih kritis dan lebih luas kedepannya.

2.3Membudayakan Minat Membaca
Secara bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Moeliono dkk, 1989:583) minat berarti kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Sedangkan secara istilah menurut Crow and Crow sebagaimana disebutkan dalam Sulistyono (1992:4), “minat merupakan kekuatan pendorong yang menyebabkan seseorang menaruh perhatian terhadap seseorang, sesuatu objek atau aktivitas tertentu”. Minat baca harus dipupuk sejak dini, dalam hal ini perpustakaan sekolah sangat berperan dalam menumbuh kembangkan minat untuk membaca buku. Sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan minat baca siswa dengan berbagai macam kegiatan yang rekreatif dan mendidik antara lain:
1. membuat mading,
2. tersedianya tempat koran, sebagai media rekreatif setelah siswa penat dengan pelajaran sehari-hari sehingga media koran/surat kabar dapat dijadikan sebagai alternatif media belajar dan ilmu pengetahuan
3. mengadakan lomba sinopsis, dengan membuat sinopsis sebenarnya siswa diajarkan untuk menangkan gagasan ke dalam sebuah tulisan
4. membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan, misalnya setiap hari rabu kelas 5 dan 6 diwajibkan berkunjung ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dalam hal ini pustakawan berperan aktif sebagai pustakawan referens. Jika, siswa ada yang bertanya tentang referensi sebuah mata pelajaran.
5. mewajibkan semua siswa, guru, dan karyawan sekolah untuk membudayakan membaca, dan membuat slogan-slogan di kelas seperti “Tiada Hari Tanpa Membaca”, “Gunakan waktu luang untuk membaca”, dan “Buku adalah jendela ilmu pengetahuan”.
Dengan membuat kegiatan yang bersifat rekreatif dan edukatif diharapkan dapat membangun minat baca di kalangan siswa sekolah.



Daftar bacaan:
Lasa Hs. 2005. Gairah Menulis: Panduan Untuk Pemula. Yogyakarta: Alenia
Kurniasih, Prawesti. 2005. ” Studi Korelasi Antara Minat Baca Dengan Prestasi Belajar
Siswa Sd Muhammadiyah Sokonandi Dua Yogyakarta”. Yogyakarta: (skripsi). Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sumber: http://rachdie.blogdetik.com/2011/02/05/8-manfaat-membaca/








0 komentar:

Poskan Komentar